Jumat, 04 Maret 2011

Rezim Obama Persiapkan Pemerintahan Islam Timur Tengah

WASHINGTON (Berita SuaraMedia) - Pemerintahan Obama sedang mempersiapkan prospek bahwa pemerintah Islam itu akan berdiri di Afrika Utara dan Timur Tengah, mengakui bahwa revolusi populer di sana akan memperkuat kekuasaan agama untuk politik di kawasan itu.

Administrasi sudah mengambil langkah-langkah untuk membedakan antara berbagai gerakan di wilayah yang mempromosikan hukum Islam dalam pemerintahan mereka. Penilaian internal, diperintahkan oleh Gedung Putih bulan lalu, mengidentifikasi perbedaan ideologis antara gerakan yang besar seperti Ikhwanul Muslimin di Mesir dan al-Qaida yang akan memandu pendekatan AS ke wilayah tersebut.


"Kita tidak perlu takut akan Islam dalam politik negara-negara ini," kata seorang pejabat senior pemerintah, berbicara dengan kondisi anonimitas untuk menggambarkan musyawarah kebijakan internal. "adalah perilaku partai politik dan pemerintahnya yang akan kita nilai, bukan hubungan mereka dengan Islam."

Tak satu pun dari revolusi selama beberapa minggu terakhir telah terang-terangan mengatasnamakan Islam, tapi ada tanda-tanda bahwa pemberontakan bisa memberi jalan kepada kekuatan-kekuatan keagamaan yang lebih. Seorang ulama Yaman berpengaruh menyerukan minggu ini agar administrasi Presiden Ali Abdullah Saleh yang didukung AS diganti dengan pemerintahan Islam, dan di Mesir, seorang ahli teori Islam memiliki peran utama dalam penyusunan perubahan konstitusional setelah Presiden Hosni Mubarak jatuh dari kekuasaan bulan lalu.

Sejak memangku jabatannya, Presiden Barack Obama menjanjikan sebuah "awal baru" dengan Islam, menunjukkan bahwa kepercayaan Islam dan politik demokrasi tetap kompatibel. Tetapi dengan begitu, ia khawatir beberapa kebijakan-asing pragmatis dan sekutu-sekutunya seperti Israel, takut bahwa pemerintah berdasarkan hukum agama pasti akan melemahkan reformasi demokrasi dan nilai-nilai Barat lainnya.

Beberapa dalam komunitas intelijen AS, kalangan diplomatik asing dan Partai Republik mengatakan kesiapan Obama untuk menerima gerakan Islam, bahkan yang memenuhi kondisi tertentu, gagal untuk mempertimbangkan pendekatan metodis pada partai-partai yang berangsur-angsur mengubah negara sekuler menjadi negara Islam dan bertentangan dengan tujuan kebijakan AS.

Hizbullah di Libanon dan Hamas di wilayah Palestina telah menang dalam pemilu demokratis dan mengerahkan pengaruh besar. Tidak ada satupun partai, yang masing-masing dengan sayap bersenjata, mendukung hak Israel untuk ada, juga tidak meninggalkan kekerasan sebagai alat politik.

Dan sementara banyak yang merujuk ke Turki sebagai campuran model Islam dan demokrasi, partai Islam yang berkuasa ditahan oleh tentara negara dan sistem pengadilan yang sangat sekuler, gabungan kelembagaan yang kuat di mana negara-negara seperti Mesir dan Tunisia tidak memiliki.

"Kata yang sebenarnya dan definisi Islam sendiri tidak  menimbulkan ancaman," kata Jonathan Peled, juru bicara Kedutaan Besar Israel di Washington, mengutip hubungan Israel dengan pemerintah Turki, antara lain.
Tetapi Peled mengatakan Israel khawatir bahwa "kekuatan ekstremis anti-demokrasi bisa mengambil keuntungan dari sistem demokrasi," katanya.

Pilihan antara stabilitas dan demokrasi telah menjadi ketegangan konstan dalam kebijakan luar negeri AS, dan di beberapa tempat itu telah terlihat lebih jelas daripada di Timur Tengah.

Banyak otokrat yang jatuh atau terancam di kawasan tersebut didukung oleh pemerintah AS berturut-turut, baik ketika Perang Dingin dengan Uni Soviet atau sebagai benteng melawan ekstremisme Islam sebelum dan setelah serangan 11 September 2001,.

Pada pidato  Juni tahun 2009-nya di Universitas Kairo, Obama mengakui kontroversi bahwa promosi demokrasi pemerintahan Bush mengganggu wilayah tersebut.
"Itu tidak mengurangi komitmen saya, namun, untuk pemerintah yang mencerminkan keinginan rakyat," katanya, menambahkan bahwa "setiap negara memberikan kehidupan pada prinsip mereka dengan caranya sendiri, didasarkan pada tradisi rakyatnya sendiri."

Di Timur Tengah Arab, tradisi tersebut termasuk tradisi Islam, meskipun Obama tidak langsung menjawab peran agama dalam politik demokratis. Dia mengatakan Amerika Serikat "akan menyambut semua, pemerintah terpilih damai - asalkan mereka memerintah dengan menghormati semua orang mereka."
Tujuan dari Ikhwanul Muslimin setelah memenangkan kekuasaan adalah akar keprihatinan yang diungkapkan oleh anggota parlemen Republik dan lain-lain di Washington.

Sementara revolusi Arab terungkap, Gedung Putih sedang mempelajari berbagai gerakan, yang mengidentifikasi perbedaan ideologis untuk petunjuk bagaimana mereka memerintah dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Penilaian internal Gedung Putih, tanggal 16 Februari, antara lain melihat pandangan Ikhwanul Muslim dan al-Qaeda pada jihad global, konflik Israel-Palestina, Amerika Serikat, Islam dalam politik, demokrasi dan nasionalisme.

Laporan ini menarik perbedaan yang tajam antara ambisi dari dua kelompok, menunjukkan bahwa Ikhwanul mencampurkan Islam dan nasionalisme membuatnya menjadi organisasi yang jauh berbeda dari al-Qaida, yang melihat batas-batas nasional sebagai hambatan untuk memulihkan khalifah Islam.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa Ikhwanul mengkritik Amerika Serikat sebagian besar karena meeka  mempersepsikan sikap munafik Amerika mengenai demokrasi,  tetapi mendukung pemimpin seperti Mubarak.
"Jika kebijakan kita tidak dapat membedakan antara al-Qaeda dan Ikhwanul Muslimin, kita tidak akan mampu beradaptasi dengan perubahan ini," kata pejabat senior pemerintah. "Kami juga tidak akan membiarkan diri kita didorong oleh rasa takut." (iw/cn) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar